Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019

Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019
Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019 - Pada artikel kali ini saya ingin berbagi tutorial kepada teman-teman operator sekolah  yang mungkin mengalami kendala salah satu guru, siswa atau akun sekolah tidak dapat login pada Aplikasi PMP Online 2019 atau Aplikasi PMP Versi Android maupun iOS serta Guru, Siswa atau Kepala Sekolah tidak dapat login Pada Aplikasi PMP 2019 Offline. Apapun versi atau tipe aplikasi yang digunakan untuk menginput kuesioner Pemetaan Mutu Pendidikan Tersebut.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya username dan password yang digunakan untuk login pada aplikasi PMP Versi Online maupun Offline baik di PC maupun di Android itu bersumber dari Aplikasi Dapodik. Jadi apabila ada salah satu pengguna yang tidak dapat login pada Aplikasi PMP 2019 maka username dan passwordnya bisa dibetulkan melalui Aplikasi dapodik. Dan untuk membetulkan atau reset password harus menggunakan username dan password Operator Sekolah.

Dan bagi operator sekolah atau bapak dan ibu yang lupa bagaimana cara melakukan perbaikan data username dan password untuk PTK dan Siswa dapat membaca referensi artikel ini. Saya bahas secara detail bagaimana cara membuat akun untuk login Aplikasi PMP bagi PTK atau Siswa baru, bagaimana cara melakukan reset password untuk login Aplikasi PMP.

Update Artikel Terbaru

Menu tambah pengguna pada aplikasi PMP hanya dapat digunakan untuk menambah pengguna dengan jenis Komite Sekolah. Pengguna guru, siswa, dan pengawas diambil dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Baca artikel tentang cara menambah akun komite sekolah dibawah ini :
Cara Menambahkan Akun atau Pengguna Komite Sekolah pada Aplikasi PMP 2019

Berikut ini merupakan link download dan tutorial tentang cara mengecek hasil rapot mutu sekolah tahun 2018 lengkap dengan cara download rapot mutu sekolah tahun kemarin.

Link Download Rapor PMP 2018 dan Tutorial Cek Rapor PMP 2018


Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019

Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019
Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019

Untuk PTK maupun siswa yang masih baru di entri pada aplikasi dapodik maka untuk membuat username dan password ketika login aplikasi PMP langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Buka Aplikasi Dapodik
2. Login sebagai Operator Sekolah
3. Buka menu PTK,
4. Klik menu penugasan
5. Klik tombol buat/ubah akun PTK
6. Masukkan password dan konfirmasi password
7. Klik menu simpan.
8. Singkron Aplikasi Dapodik

Tunggu proses update data dari server agar PTK atau Siswa dapat Login pada Aplikasi PMP 2019. Sedangkan untuk mengganti username langkah-langkahnya adalah sebagai beriktu :
1. Buka Aplikasi Dapodik
2. Login sebagai PTK yang bersangkutan
3. Buka menu PTK,
4. Klik menu ubah
5. Geser bagian data rinci PTK pilih kolom kontak
6. Ganti dengan email yang benar-benar aktif
7. Klik menu simpan.
8. Singkron Aplikasi Dapodik

Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019 bagi Siswa

Untuk aplikasi PMP tahun 2018 untuk login siswa, username dan password yang digunakan untuk login pada aplikasi PMP adalah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan passwordnya juga menggunakan NISN. Untuk tahun ini kemarin saya sempat mencoba login untuk akun siswa menggunakan username dan password NISN namun tidak berhasil login. Nah, ada kemungkinan untuk Versi Aplikasi PMP Online mupun Menggunakan Android dan iOS. Untuk Login Akun siswa harus menggunakan email. 

Sedangkan yang banyak terjadi di lapangan, banyak siswa belum memiliki email dan juga belum terisi email pada kontak aplikasi dapodik. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebagai operator kita harus berfikir lebih kreatif, dan cepat.  Kita buatkan saja peserta didik atau siswa sebuah email. Lalu ditambahkan pada kontak peserta didik. Baca artikel tentang Cara Menambahkan Email Peserta Didik pada Kontak Aplikasi Dapodik.

Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019 sudah pernah saya coba dan hasilnya 100% berhasil terhadap akun PTK. Proses  upadate server agar PTK dapat login pada Aplikasi PMP 2019 membutuhkan waktu kurang lebih 24 Jam (waktu yang saya butuhkan) untuk pastinya saya sendiri tidak tahu.

Sebelum mengerjakan Aplikasi PMP Online 2019, teman-teman harus tahu tentang cara menstabilkan koneksi internet yang digunakan apabila mengerjakan aplikasi PMP secara online. Silahkan cek tutorial selengkapnya pada artikel Cara Menstabilkan koneksi Internet Untuk Mengerjakan Aplikasi PMP secara Online.

Apabila Sahabat operator sekolah atau bapak dan ibu guru bingung bagaimana Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019 dengan tutorial diatas silahkan cek video tentang Solusi Gagal Login Aplikasi PMP 2019 Online dibawah ini :

Video diatas merupakan referensi yang tepat digunakan terutama untuk Aplikasi PMP Versi Online maupun Offline tahun 2019 yang tidak dapat login menggunakan akun Siswa, Guru, Sekolah dan Pengawas. Video Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019 diatas cukup mudah untuk di ikuti.

Untuk Link Download Terbaru
Instrumen Kuesioner PMP Tahun 2019

Demikian tutorial tentang Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019 semoga dapat bermanfaat, jangan lupa untuk berbagi atau membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat bagi teman-teman operator sekolah lain yang mungkin juga kesulitan untuk mencari referensi atau tutorial tentang Cara Reset Password Aplikasi PMP 2019.
© Blog Operator Sekolah. All rights reserved. Developed by Jago Desain