Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Menurunkan Tulisan di Excel

Cara menurunkan tulisan di excel pada cell aktif berupa artikel dan video tutorial.

Pada posting artikel kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial tentang cara menurunkan tulisan di microsoft excel. Ketika Anda ingin menulis dua baris texk atau tulisan dalam sel. Anda akan selalu bingung bagaimana menulisnya. Ini adalah masalah yang saya temui ketika saya belajar Excel. 

Saya memiliki pertanyaan dalam pikiran saya tentang cara memasukkan tulisan di excel untuk membuat teks atau tulisan baru tetapi masih dalam cell yang sama karena pada dasarnya jika Anda memasukkan sel aktif itu akan pindah ke sel di bawahnya bukan seperti bentuk baru. 

Blog Operator Sekolah. Nah, artikel ini ditulis bagi mereka yang masih bingung tentang cara membuat satu atau lebih baris baru dalam cell di excel. Selain dalam bentuk tulisan berupa artikel pada artikel ini juga saya lengkapi dengan video tutorial.

cara_menurunkan_tulisan_di_excel
gambar cara menurunkan tulisan di excel

Cara Menurunkan Tulisan di Excel

Pada dasarnya metode input di Excel sangat sederhana meskipun menyembunyikan fungsi penting Excel. Panduan ini mudah diikuti. Ada 2 cara membuat tulisan atau tek menurun pada cell di excel.

  1. Menggunakan tombol ALT + ENTER pada keyboard.
  2. Menggunakan rumus CHAR (10).
Tergantung jenis kebutuhan untuk cara yang pertama atau cara yang kedua, ini disesuaikan dengan kondisi yang kalian hadapi. Apabila tidak terlalu banyak teks atau tulisan yang dibuat menurun pada cell di excel sebaiknya menggunakan cara yang pertama atau menggunakan tombol alt dan tombol keyboard untuk menurunkan tulisan di excel.

Namun, apabila jumlah tulisan atau teks yang dibuat menurun ada banyak sebaiknya menggunakan rumus, karena akan lebih efisien dan lebih cepat.

Cara Menurunkan Tulisan di Excel Menggunakan Tombol ALT + Enter.

Langkah atau cara paling mudah dan cepat untuk membuat baris baru pada satu cell di Excel yaitu menggunakan kombinasi key Alt dan Enter. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Pertama buka a plikasi atau  file Excel dan pilih cell yang akan dibuatkan beberapa baris kata.
  2. Tulis kalimat atau teks pada baris pertama.
  3. Selanjutnya pada waktu kursor berada di akhir baris pertama, tekan tombol Alt kemudian klik Enter (Alt + Enter) pada keyboard.
  4. Apabila langkah benar, kursor akan pindah ke baris kedua.
  5. Gunakan langkah 1 sampai 4 apabila ingin menambahkan baris atau menurunkan teks di excel selanjutnya.

Cara Menurunkan Tulisan di Excel Menggunakan Rumus CHAR (10).

Untuk cara yang kedua ini akan lebih cocok apabila akan menulis teks atau tulisan pada 1 cell di excel dalam jumlah yang banyak. Sehingga tidak perlu melakukan secara manual dan hal ini akan lebih efektif.
Berikut ini adalah rumus untuk menurunkan tulisan baik kata atau kalimat pada satu cell di excel:
= cell 1 & CHAR(10) & cell 2
Cara menurunkan kalimat atau teks di excel menggunakan rumus langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : Pada cell tertentu pilih cell 1, selanjutnya masukkan simbol & char(10) simbol dan pilih cell 2. Langkah terakhir tinggal mengaktifkan menu wrap text. 

Maka tulisan di excel akan menurun pada cell tersebut. Cara kedua saya rekomendasikan pada kalian yang bekerja dengan sebuah aplikasi.

Video Tutorial Cara Menurunkan Tulisan di Excel.

Berikut ini saya lampirkan video yang berkaitan dengan pokok bahasa artikel yaitu tentang cara menurunkan tulisan pada cell di excel agar penjelasan tutorial berupa langkah-langkah diatas dapat mudah dimengerti dan dipahami.


Semoga artikel dan video tutorial tentang cara menurunkan tulisan di microsoft excel bermanfaat.

© Blog Operator Sekolah. All rights reserved. Developed by Jago Desain