Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Pencairan Dana PIP dan Contoh Surat Keterangan Penerima PIP

Pada post kali ini saya akan bagikan sebuah tutorial tentang cara melakukan pencairan Dana Bantuan Program Indonesia Pintar serta persyaratan yang harus dikumpulkan untuk membuat buku rekening baru bagi siswa penerima dana bantuan PIP. Perlu bapak ibu ketahui bahwa saat ini sudah muncul data baru siswa penerima Program Indonesia Pintar untuk tahun 2020. Bagi sekolah harus memfasilitasi atau membantu proses pencairan dana bantuan tersebut dengan cara memberikan informasi dan membantu membuat surat keterangan dari sekolah untuk proses pembuatan buku rekening baru bagi siswa yang baru pertama kali menerima dana PIP. Bagi siswa yang sudah memiliki buku rekening, maka sekolah wajib memberikan informasi saja serta melakukan konfirmasi data siswa. Dan melakukan update data identitas siswa berupa upload buku rekening, dan identitas siswa. Cara Pencairan Dana PIP dan Contoh Surat Keterangan Penerima PIP Bagi siswa yang sudah tidak aktif atau sudah tidak sekolah di Lembaga atau instansi tersebut makan pihak sekolah harus melakukan konfirmasi pada aplikasi Sinpintar. Sesuai dengan kondisi real saat ini.
Pada post kali ini saya akan bagikan sebuah tutorial tentang cara melakukan pencairan Dana Bantuan Program Indonesia Pintar serta persyaratan yang harus dikumpulkan untuk membuat buku rekening baru bagi siswa penerima dana bantuan PIP.

Perlu bapak ibu ketahui bahwa saat ini sudah muncul data baru siswa penerima Program Indonesia Pintar untuk tahun 2020. Bagi sekolah harus memfasilitasi atau membantu proses pencairan dana bantuan tersebut dengan cara memberikan informasi dan membantu membuat surat keterangan dari sekolah untuk proses pembuatan buku rekening baru bagi siswa yang baru pertama kali menerima dana PIP.

Bagi siswa yang sudah memiliki buku rekening, maka sekolah wajib memberikan informasi saja serta melakukan konfirmasi data siswa. Dan melakukan update data identitas siswa berupa upload buku rekening, dan identitas siswa.

Cara Pencairan Dana PIP dan Contoh Surat Keterangan Penerima PIP

Bagi siswa yang sudah tidak aktif atau sudah tidak sekolah di Lembaga atau instansi tersebut makan pihak sekolah harus melakukan konfirmasi pada aplikasi Sinpintar. Sesuai dengan kondisi real saat ini.
contoh sk pencairan pip
contoh pencairan dana pip


Cara Pencairan Dana PIP 

Untuk melakukan pencairan dana bantuan PIP atau Program Indonesia Pintar. Kita dapat mengelompokkan menjadi 2 Data. Tujuannya adalah agar informasi yang diberikan tidak membingugnkan siswa.
1. Cara Pencairan Data Bantuan PIP untuk siswa yang sudah memiliki buku rekening.
2. Cara Pencairan Data Bantuan PIP untuk siswa yang belum memiliki buku rekening.


Untuk mencairkan dana bantuan PIP bagi siswa yang sudah memiliki buku rekening biasanya dalam jangkan waktu kurang lebih 1 bulan siswa akan diberi ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Jadi siswa dapat mengambil Uang melalui mesin ATM.

Tetapi, tetap harus melakukan prinout buku rekening karena ini digunakan untuk bukti konfirmasi update data indentitas siswa pada situs Sipintar Enterprise (Situs Cek dan Validasi PIP terbaru). Karena diminta Laporan tentang :

  1. Foto / Scan Buku rekening bagian halaman depan, yang ada namanya.
  2. Foto / Scan Buku rekening bagian transaksi terakhir.
  3. Identitas siswa (KIA, KTP, KK, Rapot)


Cara Pencairan Dana PIP Belum memiliki Rekening

Bagi peserta didik atau siswa yang tidak memiliki buku rekening, maka harus membuat buku rekening tersebut. Untuk Sekolah atau bapak dan ibu yang bertugas membantu pencairan dana Program Indonesia Pintar harus membantu kelengkapan berkas yang harus dipenuhi.

Kelengkapan berkas untuk pengajuan pembuatan buku rekening PIP siswa, biasanya berbeda tiap daerah. Namun, yang sering diminta  antara lain :
1. Foto Copy Rapot Siswa (Bagian Cover, Identitas Sekolah, Dan Identitas Siswa).
2. Foto Copy KK
3. Foto Copy KTP orang tua atau wali.
4. Surat Keterangan Penerima PIP dari sekolah.

Untuk membuka Buku rekening PIP yang baru biasanya pihak sekolah melakukan secara kolektif mengumpulkan persyatan kemudian mengajukan di bank yang menjadi rujukan. Nah, setelah diproses pihak bank biasanya sekolah akan dihubungi. Selanjutnya dilakukan proses pembuatan buku rekening dengan cepat.

Ketika membuat atau membuka buku rekening Orang tua atau wali siswa harus hadir didampingi oleh pihak sekolah yang diberi tugas oleh sekolah atau instansi. Setelah pengumpulan berkas biasanya membutuhkan waktu agak lama. Hal ini disebabkan karena antrian dari sekolah lain yang juga melakukan pengajuan untuk membuka atau membuat rekening.

Contoh Surat Keterangan Penerima PIP

Sekolah memfasilitasi  pembuatan Surat Keterangan dari Sekolah yang menjelaskan siswa adalah penerima dn juga menerangkan bahwa surat keterangan ini dibuat untuk pengajuan untuk membuka dan membuat buku rekening baru atas nama siswa yang bersangkutan.

Berikut ini adalah link atau tautan untuk download contoh Surat Keterangan Penerima PIP dalam bentuk microsoft word. Bapak atau ibu tinggal mendownload dan mengisi surat keterangan dengan identitas sekolah dan identitas siswa.

Download Surat Keterangan PIP


Semoga artikel tentang Cara Pencairan Dana PIP dan Contoh Surat Keterangan Penerima PIP semoga dapat bermanfaat.
© Blog Operator Sekolah. All rights reserved. Developed by Jago Desain