Cara kerja dari aplikasi tersebut sangat mudah, kita tinggal masukkan kutipan kalimat dari referensi yang diambil, kemudian kita tinggal klik tombol maka akan secara otomatis menulis daftar pustakan sendiri.
Aplikasi ini sangat cocok bagi teman-teman yang saat ini sebagai pelajar atau mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat proposal, laporan, penelitian, jurnal serta skripsi. Yang mungkin kesulitan memahami bagaimana cara penulisan atau cara membuat daftar pustaka yang benar.
Cara Membuat Daftar Pustaka
Ketika membuat sebuah laporan, makalah, skripsi dan
lain-lain, apabila kita kita mengambil kalimat dari referensi milik orang lain.
Maka harus mencantumkan referensi di akhir kutipan dan juga pada daftar
pustaka.
Penulisan Judul pada daftar pustaka dibuat miring dan juga
aturan urutan dari nama penulis, tahun terbit, judul buku hingga nama penerbit.
Untuk langkah-langkah cara menulis daftar pustaka dari sumber internet disitus
web juga memiliki format yang tidak jauh berbeda dengan cara menulis daftar
pustaka dari buku.
Hal yang perlu dipertimbangkan untuk menulis pustaka adalah sebuah kota dan nama penerbit buku adalah garis setiap urutan. Pastikan untuk menggunakan titik (.) Untuk memisahkan urutan nama, tanggal publikasi, judul buku, ke kota dan nama penerbit. Jika buku yang digunakan untuk merujuk pada karya dua atau lebih penulis, hanya penulis pertama yang memesan nama belakang nya. Untuk menulis nama penulis kedua, ketiga, dan begitu mirip dengan yang sesuai urutan nama asli.
Miring digunakan untuk menulis kata-kata asing. Hukum ini tidak berlaku untuk penulisan "title" dalam "Daftar Pustaka". Menulis nama ilmiah organisasi lain dan miring istilah Latin masih digunakan dalam kedua teks dan lampiran serta dalam daftar pustaka. Dengan menghadirkan daftar pustaka memiliki aturan khusus. Dengan demikian, nama ini ditempatkan di belakang depan.
Cara Membuat Daftar Pustaka dari Artikel Otomatis
Untuk mempermudah dalam membuat daftar pustaka, kita dapat memanfaatkan aplikasi tambahan pihak ke 3. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut akan mempercepat dan mempermudah kita dalam membuat daftar pustaka.Aplikasi yang digunakan harus di instal terlebih dahulu, tetapi jangan khawatir aplikasi tersebut ringan dan mudah digunakan. Nama aplikasi pembuat daftar pustakan yang akan saya bagikan adalah Mendeley.
Aplikasi ini bersifat gratis. Namun untuk menggunakan aplikasi mendelay harus registrasi terlebih dahulu. Untuk registrasi harus menggunakan akun email. Download aplikasi mendeley melalui link dibawah ini.
Download Aplikasi Membuat Daftar Pustaka Otomaris
Untuk mengunduh aplikasi mendeley dapat klik link dibawah ini :Aplikasi Mendeley
Download aplikasi mendeley dalam bentuk atau ekstensi exe. Kemudian instal aplikasi tersebut seperti biasa. Selanjutnya silahkan registrasi menggunakan akun gmail. Pastikan akun email tersebut aktif untuk verifikfasi.
Langkah-langkah atau cara mengutip kata atau kalimat dari artikel atau file sebagai sebagai referensi secara otomatis adalah:
1. Buka aplikasi mendeley.
2. Klik tombol add untuk menambahkan file yang digunakan sebagai referensi.
3. Buka lembar karja microsoft word yang digunakan untuk membuat daftar pustaka.
4. Pilih menu Insert Citation.
5. Pilih menu goto mendeley.
6. Pilih file yang diambil kata atau kalimat untuk di kutip.
7. Pilih tombol cite.
Langkah-langkah atau cara membuat daftar pustaka dari artikel otomatis adalah sebagai berikut :
1. Buka aplikasi mendeley.
2. Klik tombol add untuk menambahkan file yang digunakan sebagai referensi.
3. Buka lembar karja microsoft word yang digunakan untuk membuat daftar pustaka.
4. Pilih menu preferens.
5. Pada menu insert bibliography.
Video Cara Membuat Daftar Pustaka dari Artikel Otomatis
Berikut ini adalah video tutorial yang relevan dari channel sobat ops tentang cara membuat daftar pustaka secara otomatis.
Semoga artikel tentang Cara Membuat Daftar Pustaka dari Artikel Otomatis dapat bermanfaat.