Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Server Cafe - Pengertian Server Cafe, Tips Bekerja Sebagai Server Cafe



Kesuksesan tidak akan pernah mampir bila kita hanya bisa berdiam diri dan bersantai atau ongkang-ongkang tanpa peras keringat dan kerja keras. Dalam catatan sejarah manapun, tidak  ada orang yang mendapatkan kesuksesan secara tiba-tiba kecuali dapat Wasiat dari orang tuanya. Yang namanya kesuksesan akan datang bila diperjuangkan dengan kerja keras dendan sungguh-sungguh.

Pengertian Server Cafe

Server Cafe adalah karyawan yang bekerja dibidang penyajian, atau bertugas menyajikan makanan dan minuman dan menyampaikan hidangan kepada pelanggan. Pekerjaan ini merupakan suatu jabatan yang ada pada outlet food and beverage department seperti room service, café, bar, restoran, dan banquet. Mereka dituntut  harus memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi tamu (excellent service).

Bagaimana kalian tertarik menjadi server café?

Jika kalian berminat atau tertarik ingin mencoba peluang kerja tersebut, ada bebera hal yang harus kalian ketahui agar nantinya kalian sukses. Pekerjaan tersebut merupakan peluang kerja yang patut kalian coba sebagai tambahan penghasilan karena dapat dikerjakan paruh waktu, sehabis kuliah dan sangat cocok bagi kalian yang berpenampilan menarik. Nah, pengetahuan apa saja yang penting untuk diketahui jika ingin bekerja sebagai penyaji atau pelayan atau server café :
Penjelasan tentang Waiters atau Waiters Cafe
Rekomendasi Artikel buat kamu :Tutorial Cara Merubah Kuota Videomax Menjadi Kuota Reguler

Penampilan Menarik

Memiliki Penampilan yang menarik akan memberikan nilai plus jika kalian bekerja sebagai pelayanan yang menyajikan hidangan kepada tamu atau pelanggan dan tentu juga harus memiliki sopan santun dalam menyajikan makanan. Seorang penyaji atau pelayanan secara langsung berhadapan dengan tamu, dan senantiasa dituntut dengan harus berpenampilan rapi dan menarik.
Mengenai penampilan ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar terlihat menarik dan rapi, yaitu :
1. Kebersihan badan (Cleanlines of the Body)
Menjaga Kebersihan dan kesegaran badan harus mendapat perhatian yang utama, anggota badan yang kotor dan tidak terjaga kebersihanya akan langsung merusak cara pandang  tamu atau pelanggan terharap penyajian. Oleh karena itu kalau kalian bekerja sebagai penyaji atau pelayan pada room service, café, bar, restoran, dan banquet, maka dituntut Untuk selalu menjaga kebersihan dan kesegaran anggota badan.
2. Kulit (skin)
Selain penampilan menarik, kesehatan dan kesegaran  kulit juga merupakan prioritas utama. Coba lihat pada Mall, restaurant dan tempat-tempat lain yang menyediakan pekerjaan dibidang jasa, mereka terlihat tanpa tanpan dan cantik, bahkan seorang pelanggan akan merasa betah jika harus berlama-lama ditempat tersebut hanya untuk memandang pelayan tersebut, wwwkwkwkwk (penulis juga kaleee).
3. Rambut (hair)
Mahkota kepala atau rambut juga harus diperhatikan, kalian harus menjaga kebersihanya, kesehatanya, dan kerapianya. Pernah melihat kalian jika berkunjung atau berbelanja disebuah mini market, mall, atau restaurant ada seorang pelayan yang penampilan rambutnya acak-acakan?, pasti penampilan rambut mereka terlihat rapi dan menarik, jika perlu gunakan minyak rambut agar tata rambut kalian rapid an tidak menimbulkan aroma atau bau tidak sedap. Selalaju jaga kebersihan dan kesegarannya agar bebaskan dari ketombe dan usahakan jangan menggaruk-garuk kepala saat sedang melayani atau menemani tamu.
4. Kumis dan jenggot (beard and moustachi)
Kalau kalian menjadi seorang Pelayanan yang bertugas menyajikan hidangan atau layanan kepada tamu sepertinya memelihara kumis atau jenggot kurang cocok, karena akan mengurangi nilai penampilan kalian, alangkah lebih baik jika mencukur dan merapikan kumis dan jenggot kalian.
5.  Tangan dan Kuku (hands and nails)
Tak luput Kuku dan tangan harus bersih untuk menjamin kebersihan hidangan pelayanan kepada pelanggan, ini terutama bagi kalian yang bekerja sebagai pelanggan. Alangkah baiknya jika selalu menjaga kebersihan kuku dan juga mencuci tangan untuk menjaga kebersihan. Jangan menggunakan cat kuku yang berbau menyengat. Selalu pelihara kesehatan kulit telapak tangan.
6.  Mulut dan Gigi (mouth and teeth)
Woow, sepertinya ini bagian penting juga, bayangkan jika ada orang yang bau nafasnya kurang sedap kemudian berbicara kepada kalian, tentu hal yang sama berkalu apabila kalian berbicara kepada orang lain. Perlu tindakan khusus bagi kalian yang bekerja sebagai kebersihan dan kesegaranya. Apabila kalian bekerja sambilan pada outlet food and beverage department seperti room service, café, bar, restoran, dan banquet jangan sampai mulut mengeluarkan bau tidak sedap.
7. Kaki, kaus kaki, dan sepatu (feet, stocking, and shoes)
Walaupun terletak pada bagian bawah anggota badan namun kebersihan dan kesegaran pada kaki harus dipelihara secara terjadwal dan juga hindari menggunakan kaus kaki yang sama dalam jangka waktu yang lama agar tidak menimbulkan bau yang tidak enak. Hindari menyimpan sepatu di tempat yang lembab.
8. Emas dan perhiasan (gold and jewelry)
Jangan menggunakan perhiasan secara berlebihan jika kalian bekerja pada outlet food and beverage department seperti room service, café, bar, restoran, dan banquet, karena akan mengundang kejadian yang tidak menyenangkan pada diri sendiri.
9. Pakaian seragam (uniform)
Gunakan serang yang sesuai dengan yang diterapkan ditempat kerja , tentu berbeda seragam yang ada pada outlet food and beverage department seperti room service, café, bar, restoran, dan banquet. Dan juga seragam harus dirawat dengan baik agar tetap rapi, bersih, dan tahan lama. 


Sikap dan Tingkah Laku Server Cafe

Pentingnya menjaga sikap dan tingkah laku pada lokasi kerja, karena akan menentukan berapa lama kalian bekerja pada tempat kerja tersebut, apabila sikap kurang baik ditempat kerja siap-siap saja akan mendapat perlakuan tidak baik juga dari atasan kalian. Walupun sikap  dan tingkah laku sebagai seorang adalah pembawaan dari lahir dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, namun sebagai karyawan khususnya bagi para waiter atau server cafe harus bisa menjaga sikap dan tingkah laku. Kalian harus senantiasa menjaga sikap dan lebih terampil serta lebih cekatan, tidak hanya itu kalian selalu dalam keadaan konsentrasi dan selalu siap sedia dalam menghadapi tamu ketika memberikan pelayanan. Penampilan Harus selalu kondisi yang rapi dengan, dan selalu mengontrol penampilan dan pembawaan diri.
Dalam segala kondisi dan waktu seorang waiter/server harus selalu bersikap baik dan ramah terhadap pelanggan siapapun pelanggan tersebut. Harus selalu tersenyum dan ramah ketika keadaan bagaimanapun juga, hal ini akan membawa pengaruh yang positif dan sangat banyak bagi diri sendiri, bagi tamu yang datang, relasi, pimpinan, dan rekan kerja. Bagi waiter/server perlu memiliki toleransi, dan mampu berpikir cepat dan mempertimbangkan segala hal pada setiap kondisi untuk kepentingan orang lain, dan juga harus mempunyai rasa tanggung jawab dan konsisten terhadap pekerjaanya.
Sikap dan tinggkah laku yang baik, yang harus dimiliki setiap waiter atau server café adalah sebagai berikut:
  1. Logat bicara harus dimiliki oleh setiap waiter atau server café untuk dapat menimbulkan daya tarik dan nilai positif bagi lawan bicara. Misalnya dengan menggunakan bahasa tubuh pas,  mimik muka, atau campuran dari gerak tangan dan suara dengan benar.
  2. Jaga posisi badan tetap tegak, saat berbicara dapat memberikan nilai positif serta respone baik dan dapat menjalin komunikasi sehingga antara lawan bicara dan pembicara terdapat suasana penuh keakraban.
  3. Bertingkah laku baik, sopan dan selalu menghormati semua tamu atau pelanggan adalah merupakan hal yang sangat essensial dalam berhadapan dengan tamu yaitu dari disiplin pribadinya.

Tugas dan Tanggung Jawab  Server Cafe

Tugas utama seorang Server Cafe adalah memberikan pelayanan terbaik bagi tamu yang akan minum dan makan. Namun tidak hanya itu, juga harus melaksanakan ada beberapa hal yang berhubungan dengan tugas utama tersebut :

  1. Mempersiapkan service equipment
  2. Melaksanakan table set-up dan clear up
  3. Menjalankan step to customer dengan baik
  4. Memastikan tamu yang datang dalam keadaan nyaman dan senang
  5. Mengkondisikan area sekitar tamu selalu bersih dan aman
Tugas Server Café selian beberapa hal diatas, mereka juga harus bertanggung jawab atas kebersihan, keselamatan, dan kemanan atas diri sendiri  dan tempat kerjanya. Tanggung server café antara lain :

  1. Bertanggung jawab terhadap head waiter atau captaint floor
  2. Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian area kerja
  3. Bertanggung jawab pada semua peralatan dan perlengkapan untuk pelayanan

Fungsi Server Café

Salah satu fungsi Server Café adalah sebagai penyaji, menyajikan  hidangan berupa makan dan minuman dam membantu  tamu  untuk memilih menu serta menjelaskanya. Sehingga tamu merasa lebih mudah dalam memilih menu yang akan dipesan.
 Video Tips Menjadi Seorang Waiter / Server Cafe 

Formulasi Sikap Pelayanan

Peraturan dasar formulasi sikap pelayanan dimana antara yang satu dengan yang lainya saling memiliki dan saling keterkaitan, yaitu :

Persiapan Pelayanan

Apa itu persiapan pelayanan? Persiapan Pelayanan adalah mempersiapkan diri baik mental dan fisik serta berbagai peralatan untuk bekerja yang mendukung terciptanya kelancaran pelayanan.

  • Persiapan Fisik
Mempersiapkan fisik sangat penting dan merupakan hal pokok yang harus laksankan sebelum bekerja. Diantaranya persiapan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan pakaian rapi, pantas, dan benar (Seragam)
  2. Melakukan perubahan penampilan pada  raut muka sehingga menunjukkan keceriaan
  3. Sikap tubuh lentur dan luwes
  4. Bersikap Sopan dan ramah dengan ditampilkan melalui air muka dan sikap tubuh
  5. Menunjukkan kondisi sehat jasmani
  6. Sikap siap untuk bekerja
Dalam rangka menjaga kesehatan diri, sebagai Server Café perlu menjaga kesehatan dengan tidak terlalu larut dalam pekerjaan dan bisa mengatur kondisi emosional, serta selalu berupaya menghindari stress  akibat pekerjaan yang penat, selalu iklash dalam bekerja dengan menikmati pekerjaan dan mensyukuri berkah yang diperoleh dari pekerjaan tersebut. Persiapan fisik yang benar akan memeberikan pelayanan yang prima kepada tamu-tamunya.
  • Persiapan Mental
Tidak hanyak persiapan fisik yang dilakukan, persiapan mental juga perlu diapkan sebelum bekerja, beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan mental agar dapat bekerja dalam kondisi  baik penting untuk selalu tetap konsentrasi, selalu percaya diri, dan merasa bangga dengan tugas dan selalu iklash dalam bekerja, penting untuk sebisa mungkin menghindari complaint dan masalah-masalah pribadi ketika akan bekerja.
Bagi seorang Server Café harus memiliki konsentrasi penuh dan memiliki perhatian khusus terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan. Beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk menjaga pemusatan pikiran, agar tetap konsentrasi kerja, antara lain :
  1. Menganggap pekerjaan sebagai hobby
  2. Semua yang dimiliki diperoleh dari hasil pekerjaan tersebut
  3. Pekerjaan yang dilakukan itu merupakan ibadah
  • Persiapan Alat Bantu
Peralaran alat bantu yang kami maksud adalah berbagai macam peralatan yang akan dipergunakan dalam bekerja, seperti :

  1. Alat tulis menulis
  2. Alat-alat penyajian menu, dan sebagainya

Interaksi

Terjadinya Proses interaksi diawali ketika tamu datang ke outlet. Pada waktu yang sama proses interaksi dimulai dengan melakukan penyambutan (greeting). Kemudian berlanjut dengan adanya  komunikasi, antara kedua belah pihak, antara server café dan pengunjung dan diharapkan memperoleh pengertian masing-masing. Terjadinya komunikasi yang baik dan saling memahami dari pihak tamu atau pelanggan berupaya memahami  informasi yang diberikan pelayan berkaitan dengan kebutuhan. Kecocokan dalam berkomunikasi akan menghasilkan hal-hal positif bagi kedua belah pihak.

Bagi kalian yang bekerja sebagai penyaaji atau pelayan perlu kalian ketahu bahwa berbagai pertanyaan yang diajukan tamu atau pelanggan merupakan sebuah permintaan informasi dan bukan merupakan sebuah interogasi, jadi harus dijawab dengan iklash sesuai informasi yang betul-betul benar yang kalian ketahui. Seorang pelanggan menginginkan informasi yang jelas mengenai segala produk yang dijual secara pasti dari sesuatu yang disajikan. pelanggan juga menginginkan keterangan yang lengkap mengenai produk yang disajikan dan terinci menyangkut kebutuhanya informasi.
Dengan demikian, bagaimana pun jenis pertanyaan yang diajukan tamu tersebut, seorang Server Café harus siap menjawabnya dengan cara yang sopan, jelas, dan ramah sesuai informasi yang dimiliki tanpa ditambahi ataupun tanpa dikurangi.

Tindak Lanjut Pelayanan

Pada posting ini kami memberikan pengetahuan tentang  Tindak lanjut pelayanan setelah interaksi berlangsung, dan tindak lanjut tersebut akhirnya adalah pelaksanaan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai permintaan atau pemesanan. Pada akhirnya Dalam melaksanakan pelayanan, seluruh pesanan yang di inginkan seorang pelanggan atau tamu harus dapat terpenuhi berdasarkan ketentuan dan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

© Blog Operator Sekolah. All rights reserved. Developed by Jago Desain